22 Okt 2014

Tipe-Tipe Dosen yang Pasti Ada di Kampusmu

22 Okt 2014 - by Kampus Corner 0

Dunia kampus, seperti halnya habitat pendidikan lainnya,  tak bisa lepas dari adanya pengajar dan yang diajar, yaitu dosen dan mahasiswa. Keduanya memiliki hubungan saling kbergantung. Dosen tak mungkin akan bisa mengajar tanpa mahasiswa dan mahasiswa tak akan mendapatkan nilai tanpa dosen. Tentu saja bagaimanapun mahasiswa itu mengatakan bahwa nilai bukanlah hal penting, yang penting adalah ilmunya namun tetap saja mereka tidak bisa lulus bila nilainya di bawah standar yang telah ditetapkan.
            Dalam hubungan dosen-mahasiswa tersebut karakteristik dosen maupun mahasiswa juga turut menentukan keefektifan terterimanya materi kepada mahasiswadengan baik dan mendapat umpan balikyang baik pula. Kita telah mengetahui bahwa karakter mahasiswa bermacam-macam, ada yang menjadi mahasiswa buku berjalan hingga mahasiswa gaib yang datangnya tak jelas. Tapi teman-teman, saya juga mau membagi tipe-tipe dosen dalam beberapa karekter.
            Penasaran ? Yuk ke TKP
1. Diktemania


Dosen tipe ini masih menerapkan metode lama dalam mengajar. Dia mendikte materi yang ia ajarkan dan menyuruh mahasiswa menulisnya di buku masing-masing dengan catatan yang rapi. Bila dosen kita menggunakan metode ini, kita akan teringat jaman-jaman SD-SMP dulu dimana tiap waktu guru memeriksa catatan kita.

2. Humoris

Dosen ini adalah favorit para mahasiswa. Ia mampu membawakan materi yang membosankan dengan gaya yang lucu namun tetap memperhatikan inti materinya. Metode ini lebih efektif dalam membuat mahasiswa menyerap materi selama humor yang diberikan tidak mendominasi materi. Nanti kan disangka O*J, hehe.

3. Lincah

Ini juga adalah dosen yang mampu membawakan materi dengan keefektifan tinggi. Ia adalah dosen yang muda dan gesit serta lincah. Dalam membawakan materi ia penuh kreativitas sehingga mahasiswa selalu menanti pertemuan berikutnya. Cara pembawaannya bukan seperti dosen-mahasiswa pada umumnya, namun ia menempatkan mahasiswa sebagai partner belajar.

4. Mr. Slide Show

Hobinya adalah membawakan materi dengan presentasi. Namun tidak main-main, slidenya bisa mencapai puluhan hingga mampu membuat mahasiswa tidur siang. Ditambah lagi cara pembawaannya yang hanya duduk di kursi sambil membaca slide. Sesekali ia menuruh mahasiswa membaca slidenya. Menurut pengalaman saya, biasanya dosen tipe ini adalah yang sudah profesor.

5. Punya Dunianya Sendiri

ipe ini hampir sama dengan Presentation Lover (PL). Bila PL membaca materi begitu saja, dosen TP berbicara begitu saja di kursinya seakan menikmati pembawaan materinya sendiri. Paling-paling yang memperhatikan adalah anak rajin yang selalu duduk di barisan depan. Ada juga dosen tipe ini yang volume  suaranya kecil sehingga yang di baris terdepan pun mesti memajukan kepala untuk mendengar ucapannya.

6. Simpel tapi Berisi
Favoritnya adalah papan putih. Meski tanpa bantuan aplikasi presentasi, dia dapat membawakan materi dengan apik di papan putih. Dia menulis materi secara poin-poin penting, menggambar bagan, tabel, pemetaan pikiran (mind mapping) untuk mahasiswanya, bahkan menggambar ilustrasi sederhana dengan baik.

7. Disipliner
Banyak mahasiswa yang tidak suka dengan dosen ini, karena tingkat kedisiplinannya yang begitu tinggi. Terlambat satu menit saja, kamu akan dilarang masuk ke dalam kelas tanpa menerima alasan. Di dalam ruangan hening kecuali ketika ada pertanyaan (itupun dari si perpus berjalan) maupun jawaban dari mahasiswa, karena begitu ada obrolan lain selain perkuliahan itu, kamu akan disuruh menutup pintu dari luar.

8. Toleran


Kebalikan dari militer. Meski kamu sudah terlambat kamu akan diijinkan masuk. Bila ada tugas yang belum terkumpul, ia akan memberi tambahan waktu seminggu lagi. Pada saat ujian (close book) pun ia akan membiarkan perilaku mencomtek atau kerja sama dengan pura-pura tidak melihatnya dengan dalih bahawa ia memahami apa yang mahasiswa rasakan.

9. Fashionable

Pakaiannya mengikuti fashion yang sedang populer. Bila ia laki-laki, ia akan digemari oleh mahasiswi terlebih bila ia tampan. Bila ia wanita, ia akan dijadikan perbincangan rahasia di antara mahasiswa.


Demikianlah tipe-tipe dosen yang pastinya akan kalian temui di kampus. Bagaimanapun tipenya, beliau semua adalah dosen kita yang merupakan orang tua kedua kita.


.

About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Text Widget

© 2013 Kampus Corner. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9