6 Nov 2014

Tips SURVIVE di Asrama

6 Nov 2014 - by Kampus Corner 0




Tinggal di asrama kampus  bagi sebagian orang (including me) adalah pilihan yang sangat menguntungkan. Selain keuntungan finansial karena dapat menghemat biaya yang lebih murah daripada biaya kostan dan menghemat ongkos angkot yang kian hari makin meningkat seiring dengan naiknya harga BBM (bukan BBM campuran lho..), juga keuntungan batin seperti bisa datang ke kampus 15 menit sebelum kelas mulai, bisa pulang makan siang (tentunya lagi-lagi menghemat uang jajan di kantin yang ibu kantinnya bisa jadi pengen cepat2 naik haji dengan menerapkan harga mahal bagi mahasiswa perantau seperti saya), dan kalau weekend bisa jalan-jalan keliling kampus, dan yang nggak kalah pentingnya wi-fi gratis selalu menemani.
Tapinya nih, sahabat fufu, nggak semua asrama seindah yang kami (asramalovers) idamkan. Nyatanya ada sebagian asrama yang fasilitasnya kurang memuaskan. Misalnya kamar mandi yang bau, air yang mengalirnya nggak menentu,  lokasi kamar yang jauh dari kantin, jauh dari warung, pokoknya terpencil deh. Selain itu ada pula asrama yang isi kamarnya yang katanya sudah lengkap (lemari, ranjang, kasur, bantal, guling, seprai, meja belajar, kursi) tapi yang ada cuman ranjang tingkat tua yang ditemani sebuah lemari saja. Kasian banget ya, mereka cuma berdua, entar yang ketiganya siapa ya.
Nah, berikut ini tips buat para calon asrama lovers
yang pengen berkecimpung dalam dunia asrama :
1.                Siapkan Penampungan Air.  Buat yang asramanya punya air yang nggak menentu datangnya, eh, mengalirnya, ajak tetangga-tetangga anda untuk bermusyawarah mengenai hal ini. Sepakati aturan tentang setiap penghuni asrama harus menampung air saat air mengalir dan memakainya dengan bijak. Di asrama kan biasanya kamar mandinya per lantai dalam tiap blok. Jadi sebaiknya dibuat zona tersendiri agar pembagiannya jelas dan tidak terjadi gesekan dan goyangan.
2.                Mandi  Lebih Awal Setiap Hari. Meskipun air sudah tertampung dan ada pembagian, namun hal yang tidak dapat sahabat sekalian cegah adalah penumpukan pengunjung kamar mandi. Pagi-pagi pasti semuaya mau lebih dulu mandi agar dapat cepat ke kampus. Jadinya terjadi antrian, maski cuma dua orang tapi kalau mandinya pake  bertapa kan lama juga nunggunya. Belum lagi kalau ternyata airnya habis karena ada teman yang mandinya keasyikan sampai nggak mikirin temannya.  So, jangan lupakan kebiasaan waktu SD, SMP, SMA dulu selalu bangun pagi-pagi, sholat, abis itu mandi meskipun airnya dingin,,brrrr. Tapi, hasilnya kamu akan jadi nyaman ke kampus.
3.                Jaga Kebersihan Kamar Mandi. Kamar mandi itu milik kita bersama, satu untuk semua, maka siapa lagi yang menjaganya kalau bukan kita, nggak mungkin kan mesti nunggu cleaning service. Kalau kamar mandi nggak nyaman, bau, siapa yang repot coba ?
4.                Bergaul dengan Teman Sekitar Kamar. Meski kalian ketemunya jarang karena kesibukan masing-masing di fakultas masing-masing, namun setidaknya bersosialisasilah. Misalnya saat mencuci pakaian mengobrollah dengan teman yang ada di sebelah, kalau ada. Karena, kalau kita nanti sedang kesusahan, kita mau minta tolong ke siapa kalau buakan sama tetangga terdekat?
5.                Beli  peralatan kamar. Walaupun di setiap asrama disediakan fasilitas dalam kamar, namun tidak berarti kamar anda lengkap. Ini yang saya alami ketika mendapati kamar saya tidak ada seprai, bantal, dan kursi. Sebelum menempati kamar pastikan cek dulu keadaannya dan lihat apa yang kurang. Sebab, walaupun kamu sudah melapor ke bagian peralatan asrama, belum tentu langsung ada barangnya, persis seperti yang saya alami.
6.                Siapkan tempat sampah khusus dalam kamar. Jangan anggap remah hal ini. Meskipun di luar ada tempat sampah, tapi dengan tidak adanya tempat sampah khusus di dalam kamar, maka kita akan membuang sampah-sampah kecil seperti bungkus permen atau kertas di pojok kamar atau di depan kamar karena kita malas ke tempat sampah. Hal itu pastinya akan mengotori kamar dan membuat kita akan repot membersihkannya.
7.                Belanja Bulanan. Kalau asrama kamu jauh dari yang namanya warung, minimarket, kios pulsa, atau semacamnya. Mending kamu belanja bulanan aja deh. Lebih hemat soalnya kalau kamu bolak-balik tiap beberapa hari untuk belanja, kan pake ongkos, minimal capek. Kalau dibelinya sekalian, kan hemat. Begitu juga dengan pulsa. Perkirakan pemakaian kamu dalam sebulan dan belilah pulsa sesuai perkiraan itu. Kelihatannya memang kita mengeluarkan uang banyak, tapi percayalah, kamu akan lebih banyak mengeluarkan uang bila belanjanya sekali-sekali. Nggak percaya? Buktikan sendiri.


Demikian tips dari saya, mudah-mudahan dapat memberi inspirasi buat sahabat sekalian. Bila ada tips lain silakan tulis komentar kalian.

About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Text Widget

© 2013 Kampus Corner. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9